Tips Untuk Anda Yang Akan Pergi ke Museum

Mengunjungi sebuah museum sebenarnya adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika di museum nantinya akan ada berbagai kegiatan yang bisa anda ikuti. Tapi jangan lupa, ada hal penting yang juga harus anda perhatikan saat bepergian ke museum. Museum yang seringkali bukan hanya menyimpan sebuah cerita yang ada di dalamnya, tapi juga menyimpan fakta yang menyenangkan untuk diketahui. Sehingga wajar saja, jika ada orang yang mulai penasaran dan kemudian mulai mengulik isi dan sejarah dari museum yang ada disekitarnya.

Namun jika nantinya anda hanya pergi ke museum agen bola untuk berfoto-foto saja, maka pastikan agar nantinya anda selalu mematuhi seluruh peraturan yang ada di dalam museum yang anda kunjungi. Jangan menggunakan flash di tempat yang sudah ditentukan, karena meski secara tidak langsung, namun nantinya benda yang terpapar lampu flash terus menerus dalam jangka panjang dapat merusak karya yang dipajang tersebut.

Tips Untuk Anda Yang Akan Pergi ke Museum

Selain itu, jangan menyentuh karya seni yang terdapat di museum, karena baik itu lukisan maupun installation art nantinya akan merusak benda tersebut. Karena secara tidak langsung, akibat tangan kotor atau berminyak pengunjung. Nantinya juga tidak menutup kemungkinan bahwa benda tersebut akan tergeser dari posisi yang sebelumnya sudah diatur dengan sedemikian rupa. Nah, berikut ini akan dibahas beberapa tips untuk anda yang akan pergi ke museum, dan hal-hal apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Cari tahu tentang Museum yang akan dikunjungi

Sebelum memutuskan untuk pergi ke berwisata ke museum bersama dengan keluarga, anda harus terlebih dahulu mencari informasi tentang museum yang nantinya akan dituju. Anda juga dapat memperoleh informasi dari internet, atau bertanya kepada teman anda yang sudah mengunjungi museum tersebut. Jangan lupa juga untuk bertanya tentang hari dan jam operasi, lokasi serta harga tiket masuk ke museum tersebut.

Pelajari gambaran umum tentang museum

Wisata sejarah biasanya akan identik dengan bangunan tua yang memiliki filosofi pada zaman kuno. Selain sejarah, ada juga museum yang menyimpan berbagai barang-barang bersejarah. Dengan cara ini anda nantinya akan dapat mempelajari semuanya dengan lebih mudah karena dapat melihat langsung.

Persiapkan stok yang cukup

Menyiapkan barang bawaan, adalah hal yang harus anda lakukan. Karena jika perut terasa lapar, dapat mengganggu anda ketika menikmati koleksi benda-benda dan informasi yang terdapat di museum tersebut. Biasanya di beberapa museum juga akan menyediakan sebuah kantin, atau sebuah koperasi kecil yang biasanya menjual makanan ringan untuk mengganjal perut. Tetapi akan lebih baik jika anda sudah menyiapkan bekal dari rumah. Jangan lupa juga tetap jaga kebersihan.

Gunakan pakaian yang nyaman dipakai

Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, saat anda mengunjungi museum. Hal ini harus anda perhatikan, karena jangan sampai anda salah kostum. Gunakan juga alas kaki yang nyaman seperti sepatu yang pas agar nantinya tidak lecet. Karena nantinya anda akan banyak berjalan mengelilingi museum. Jika kaki anda lecet karena alas kaki yang tidak nyaman, maka akan sangat mengganggu anda.

Mengikuti kegiatan di museum

Meski museum menyimpan benda-benda dan koleksi unik yang tidak ternilai, namun bukan berarti museum tempat yang membosankan. Karena ada beberapa museum yang memiliki kegiatan yang dapat anda ikuti kita sedang berkunjung. Misalnya saja seperti museum layang-layang atau museum tekstil. Di kedua museum tersebut, nantinya akan dapat mencoba berbagai hal yang menarik. Seperti membuat dan mewarnai layang-layang, membuat kerajinan keramik, dan juga membuat batik.

Ikuti aturan dan peraturan di museum

Seperti yang kita bahas sebelumnya anda juga harus mengikuti ataruan yang ada di museum yang anda kunjungi. Ketika Anda sudah memilih untuk mengunjungi museum, maka jangan lupa juga untuk mengikuti aturan di museum yang dimaksud. Salah satu contohnya yang sering ditulis adalah, jangan menyentuh koleksi yang ada di museum tersebut. Karena ada barang-barang yang memang rapuh untuk di sentuh.

Timbulkan rasa ingin tahu

Berbagai hal yang dilihat anak-anak di dalam sebuah museum, nantinya juga akan memancing rasa ingin tahu mereka untuk dapat mencari tahu lebih dalam. Serta berkunjung ke museum juga akan memancing mereka untuk mengembangkan imajinasi mereka tentang hal-hal ini.

Misalnya saja ketika mengunjungi sebuah museum maritim dan kemudian melihat replika kapal yang karam, pastinya mereka akan bertanya banyak. Seperti mengapa kapal tersebut bisa tenggelam ? dan bagaimana cara membawa kapal tersebut ke dalam museum ? Bagaimana cara orang membuat sebuah kapal besar dengan peralatan sederhana dan banyak pertanyaan lainnya yang tidaka akan terduga.

Interaksi dengan banyak orang

Dengan mengunjungi sebuah museum nantinya bukan hanya soal menambah pengetahuan dan wawasan saja. Tapi kegiatan ini juga dapat anda gunakan sebagai salah satu cara untuk mengajarkan anak anda berinteraksi dan juga bersosialisasi dengan banyak orang. Karena mereka biasanya akan mengunjungi museum dengan kelompok, sehingga anak-anak nantinya dapat saling bertanya dan jawab. Selain itu anak anda nantinya juga akan dapat berinteraksi dengan pengunjung lain yang belum dikenal.

Dapatkan perspektif yang lebih jelas & lebih luas

Ada berbagai macam peristiwa di dunia yang terjadi, dan terkadang membingungkan anak-anak. Dalam museum biasanya memiliki grafik, angka, atau bentuk presentasi yang lainnya. Hal tersebut nantinya berguna untuk menggambarkan suatu peristiwa atau sebuah sejarah dalam perspektif, sehingga nantinya lebih mudah bagi anak-anak atau orang awam untuk memahami sejarah.

Buat kenangan terbaik

Anda nantinya tidak akan bosan melakukan wisata sejarah, jika anda dapat mengingat semua memori yang baik dari tempat wisata tersebut. Buat kunjungan Anda ke museum lebih berkesan dengan pergi bersama teman-teman. Anda juga dapat mengambil gambar dengan latar belakang koleksi yang ada di museum. Mungkin, nantinya foto tersebut akan menjadi kenangan untuk anda. Dan bukan tidak mungkin juga, nantinya ada keinginan untuk mengajak anak anda suatu hari berkunjung ke museum tersebut. Alasanya adalah sebagai salah satu bentuk nostalgia anda nantinya.

Meminta pemandu

Tip terakhir untuk anda agar tidak bosan mengunjungi museum, adalah dengan cara menggunakan pemandu. Beberapa museum mungkin sudah menawarkan jasa pemandu. Namun ada juga museum yang tidak memiliki fasilitas tersebut. Anda nantinya bisa mencari pemandu yang cocok untuk menemani tur museum anda.

Demikian itulah beberapa tips dan cara yang dapat anda lakukan saat anda akan mengunjungi museum. Anda juga harus memperhatikan peraturan yang terdapat di museum tersebut, agar nantinya perjalanan anda di museum dapat menyenangkan dan mengesankan. Atau anda malah akan senang mengunjungi wisata sejarah lainnya. Semoga informasi ini dapat berguna untuk anda yang ingin berwisata sejarah.