Museum Tertua di Dunia! Usianya Ratusan Tahun

Museum sendiri merupakan salah satu dari institusi permanen, perusahan, yang melayani sebuah kebutuhan publik yang bersifat terbuka, dan juga melakukan usaha seperti pengoleksian berbagai benda-benda antik dan juga bersejarah, mengobservasi benda, mereset, mengomunikasikan, dan juga memamerkan koleksi benda-benda antik dan juga bersejarah tersebut kepada masyarakat luas untuk beberapa tujuan seperti halnya sebuah penelitian, pendidikan, dan juga sebagai salah satu sarana hiburan.

Museum Tertua di Dunia!

Dari tahun ke tahun keadaan dan juga fungsi dari sebuah museum terurs berkemabang seiring juga dengan berkembanganya sebuah illmu pengetahuan. Rata-rata museum yang ada di era modern sekarang ini ternyata adalah museum yang sudah tua dan juga usianya bahkan ada yang sudah berumur ratusan tahun. Walaupun sekarang banyak sekali bermunculan museum-museum baru yang sangat cantik, unik dan juga indah dan biayanya museum yang bermunculan sekarang ini di alih fungsikan juga sebagai salah satu spot untuk berfoto. Namun, dalam artikel ini yang akan kita bahas sekarang adakah museum tua yang ada di berbagai belahan bumi. Museum yang keberadaanya masih berdiri kokoh dan juga indah, dan masih dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan sebuah pengetahuan-pengetahuan dan juga sejarah. Berikut museum tertua yang ada di dunia.

Capitolini Museum, Italia

Capitolini Museum sendiri merupakan dari salah satu museum tertua di yang berada di dunia tepatnya museum ini terletak di Capitoline Hill, di Roma, negara Italia. Museum tertua ini merupakan sebuah kelompok dari museum seni dan juga arkeolog yang sudah lama berdiri, museum ini didirikan pada tahun 1471, pada saat itu ketika Paus Sixtus IV mendonasikan dari koleksinya yaitu benda perunggu kunonya kepada masyarakat Roma.

Museum Capitolini ini sendiri juga mempunyai tiga lantai yang terdiri dari Palazzo dei Conservatori,Palazzo Senatorio, dan juga Palazzo Nuovo. Menariknya lagi dari museum ini adalah, ketiga lantai tersebut juga didesain oleh seorang pelukis dan dan juga seorang arsitek yang terkenal pada zaman Renaissance, yang bernama Michaelangelo Buonarrotti.

Vatican Museum, Italia

Vatikan mungkin sebuah museum yang sudah tidak asing lagi di telinga. Vatikan sendiri museum yang merupakan salah satu dari museum tertua yang ada di dunia. Vatikan sendiri terletak di Roma Italia. Museum yang juga merupakan salah satu dari bagian museum kesenian publik, dan juga patung yang menampilkan sebuah karya terbaik milik sebuah Gereja Katolik Roma, Museum ini sendiri mulai dibuka untuk umum di tahun 1501, oleh Paus Julius II. Vatikan juga menjadi salah satu tempat dari 5 daerah yang ada di Roma yang dapat berhasil untuk mempertahankan warisan dan pusat peradaban tertua yang ada di dunia. Tiket untuk dapat masuk ke dalam museum ini ternyata merupakan tiket masuk museum termahal yang ada di dunia, karena Vatikan sendiri merupakan salah satu dari museum tertua yang ada di dunia, dan Vatikan sendiri adalah musuh terbesar yang ada di dunia, Tiket untuk dapat masuk ke museum ini sekitar 21 dolar AS atau setara dengan Rp. 208.000.

Louvre Museum, Perancis

Louvre Museum sendiri merupakan salah satu dari sebuah museum tertua yang ada di dunia, museum ini terletak di Rive Droite Seine,di kota Paris, Perancis. Louvre adalah Museum ini bertempat di dalam Istana Louvre, yang dahulu awalnya museum tersebut adalah sebuah benteng yang dahulu dibangun di abad ke-12, dan berfungsi sebagai benteng dari istana. Museum ini berdiri di bawah kekuasaan pemerintahan Philip II. Louvre Museum, sendiri merupakan sebuah museum seni, yang juga mayoritas karya seninya adalah berasal dari properti yang pada asalnya milik gereja dan juga milik atau peninggalan kerajaan, yang disita oleh Pemerintah Perancis. Louvre Museum, mulai dibuka untuk umum di 10 Agustus 1793, museum ini memamerkan setidaknya 537 lukisan dan karya.

Koleksi yang terdapat pada museum ini hingga sekarang terus bertambah dari tahun ke tahun, yang tentunya hal tersebut semua berasal dari sebuah sumbangan dan juga hadiah yang terus mengalami peningkatan barang pada sejak Republik Perancis Ketiga. Pada tahun 2008 sendiri, koleksi Louvre Museum kemudian dibagi menjadi 8 departemen yang dimana hal tersebut terdiri dari koleksi bagian Mesir kuno, koleksi aset purbakala dari Timur Tengah, dan koleksi Yunani, Etruskan, juga Romawi, lalu disana juga ada koleksi seni Islam, pahat, beberapa seni dekoratif, seni lukis, dan yang juga terakhir adalah seni gambar. Karya seni yang terdapat dalam museum ini dan yang paling terkenal di Louvre Museum adalah sebuah lukisan Mona Lisa karya pelukis Italia yang sangat terkenal, Leonardo da Vinci.

British Museum, Inggris

British Museum juga termasuk ke dalam museum tertua di dunia yang ada di dunia. Museum ini sendiri terletak di London, Inggris Museum ini juga merupakan salah satu museum yang juga mempunyai sebuah koleksi paling lengkap yang ada di dunia, yang juga karya-karyanya yang dipamerkan berasal dari seluruh dunia yang dimana museum ini juga menggambarkan dan juga mendokumentasikan sejarah dah juga kebudayaan dari awal terciptanya manusia hingga pada zaman modern ini. British Museum seendiri museum yang didirikan pada tahun 1753 yang dimana koleksi yang dimiliki berawal dari koleksi yang dimiliki oleh seorang dokter dan juga ilmuwan yang bernama Sir Hans Sloane. British Museum sendiri, pertama kali dibuka untuk umum yaitu pada tanggal 15 Januari pada tahun 1759 di Montagu House, di Bloomsbury, yang juga merupakan dari lokasi dari British Museum ini sendiri.

Bagi anda para penggemar dari film Hollywood, tentunya juga tidak asing lagi dengan museum ini, karena museum British Museum ini, juga dijadikan dari lokasi syuting untuk film hollywood yang terkenal yaitu film “Night at The Museum 3: The Secret of Tomb”, yang juga merupakan sebuah film Hollywood bergenre komedi dan juga fantasi yang pada saat itu dibintangi oleh Ben Stiller.

Hermitage Museum, Russia

Hermitage sendiri merupakan salah satu museum tertua yang ada di dunia, yang akan terakhir kita bahas. Museum yang terletak di wilayah Saint Petersburg, Russia Museum Hermitage tidak hanya termasuk menjadi salah satu dari museum tertua yang ada di dunia saja,namun juga museum ini menjadi salah satu juga dari museum terbesar yang ada di dunia. Museum ini sendiri merupakan museum sendi dan juga budaya yang didirikan pada tahun 1764 oleh Yekaterina Agung, dan juga museum ini sendiri mulai dibuka untuk umum di tahun 1852. Hermitage Museum sendiri tidak hanya menyimpan beberapa koleksi dari karya seni saja, namun juga museum ini menyimpan berbagai macam sejarah dan juga fakta menarik yang terdapat dalam sejarah tersebut.

Jika di total secara keseluruhan, koleksi dari museum Hermitage Museum ini sendiri mencapai 3 juta seni yang berasal dari berbagai macam era, seperti halnya yang ditempatkan di 350 ruangan yang dimana luas dari museum ini sendiri mencapai 20 kilometer. Seperti halnya museum tua lainnya, Museum Hermitage sendiri juga dipenuhi dengan berbagai cerita dari legenda makhluk gaib dari keluarga dinasti Rusia, contohnya adalah seperti pajangan museum yang hidup dan juga adanya penampakan dari dunia lain yang berhubungan dengan keluarga Romanov.

Demikian, itu adalah ulasan tentang museum-museum tertua yang ada di dunia. Museum yang tidak hanya menyimpan dan juga memamerkan sebuah karya seni dan juga sejarah, namun juga menyimpan berbagai macam sejarah yang ada di masa lalu.