Museum Terbaik di Korea Selatan yang Unik

Daya tarik dari Seoul, Korea Selatan, tidak hanya dari kotanya yang modern atau setiap sudut yang dipenuhi dengan street food lezat saja. Tidak hanya menawarkan kenyamanan dalam berbelanja, artisnya yang menawan, serta berbagai macam tempat dan wisata menarik. Namun, ternyata negara ini memiliki museum-museum menarik yang sangat patut untuk dikunjungi.

Museum biasanya selalu identik dengan berbagai sejarah. Biasanya museum menampilkan tentang riwayat hidup para pahlawan atau perjuangan tentang mereka melawan penjajahan untuk dapat merebut kemerdekaan.

Museum Terbaik di Korea Selatan yang Unik

Tapi beda cerita jika anda berkunjung ke Korea Selatan. Di negara asal K Pop ini anda tidak hanya akan disuguhi beberapa hal tentang idol Kpop saja, tapi juga berbagai museum menarik yang wajib untuk anda jelajahi.

Ada banyak sekali museum di Seoul yang tentunya harus dikunjungi jika anda berkunjung ke Korea Selatan. Disini anda nantinya akan dapat belajar berbagai macam budaya dan menambah wawasan anda tentang Korea Selatan. Berikut ini, adalah beberapa museum menarik yang ada di Korea Selatan.

National Palace Museum of Korea

Sebagian besar dari sejarah dan dinasti dapat dieksplorasi di National Palace Museum of Korea. Di dalamnya terdapat beberapa koleksi artefak yang berjumlah lebih dari 40.000 item. Koleksinya tersebut mencakup seni, sains, dan musik di era Dinasti Joseon. Dinasti Joseon sendiri adalah sebuah dinasti Konfusianisme yang berkuasa selama lima abad, dari tahun 1392 hingga tahun 1897. Museum ini sendiri didirikan pada September 1908 dan jumlah pengunjungnya sebanyak 1,5 juta per tahun.

Ewha Womans University Natural History Museum

Bisa dibilang, jika Ewha Womans University Natural History Museum adalah sebuah museum sejarah alam pertama yang ada di Korea Selatan. Museum yang didirikan pada tanggal 20 November 1969 ini memiliki banyak sekali koleksi yang ada di dalamnya, mencakup spesies endemik langka atau beberapa peninggalan baru yang ditemukan.

Selain itu, terdapat juga burung yang dilindungi dalam lingkup internasional dan juga diawetkan di dalam museum ini. Di museum ini terdapat juga sebuah fasilitas audio visual dan diorama yang memudahkan para pengunjung untuk belajar lebih dalam tentang ekosistem alam, spesimen hewan, batuan, mineral, dan juga fosil.

Cheongwadae Sarangchae

Jika anda ingin belajar tentang masa lalu Korea Selatan, dan juga spesifikasinya tentang bidang budaya serta sejarah politiknya ? Maka anda bisa datang ke Cheongwadae Sarangchae. Museum dengan dua lantai tersebut dibuka pada Januari 2010 dan memiliki sebuah ruang pameran serta sebuah museum yang dirancang agar nantinya dapat lebih ramah dengan lingkungan. Dengan cara memanfaatkan kekuatan energi dari matahari dan panas bumi.

Disini pengunjung akan dapat melihat Aula Kepresidenan di lantai dua untuk mengetahui mantan presiden Korea serta menjelajahi peristiwa politik dan ekonomi Korea Selatan dari masa lalu hingga sekarang. Setelah mengitari museum, anda juga dapat beristirahat di cafe untuk menikmati secangkir teh tradisional Korea, membeli berbagai macam cinderamata di toko souvenir, atau belajar tentang membuat kerajinan tangan tradisional.

Museum Kimchikan

Kita semua nantinya pasti akan dapat mengenal tentang kimchi, makanan fermentasi yang dibuat dengan mencampurkan sayuran kubis atau lobak dengan bumbu bubuk cabai merah, daun bawang, dan bawang putih. Museum Kimchikan ini dibuka pada tahun 1986.

Di sini, pengunjung akan bisa menggunakan mikroskop untuk melihat bakteri asam laktat yang berguna dalam proses pembuatan sebuah kimchi. Anda juga bisa belajar membuat kimchi dengan biaya sebesar 25.000 Won Korea (KRW) atau sekitar Rp 321 ribu.

The National Folk Museum of Korea

Selanjutnya museum Korea Selatan yang juga wajib untuk anda kunjungi adalah The National Folk Museum of Korea. Museum ini didedikasikan untuk anda yang ingin melihat cara hidup tradisional dari masyarakat Korea dari era prasejarah hingga saat ini. Museum ini telah dikunjungi oleh 1,8 juta orang per tahun.

Di dalamnya, terdapat 98.000 artefak dan tiga ruang pameran utama. Mengingat kultur tentang bertani masyarakat Korea cukup kuat, pengunjung nantinya akan bisa menjumpai replika tempat penyimpanan beras, alat penggiling, tumpukan batu untuk beribadah, hingga tiang tempat penduduk desa biasanya berdoa sebelum berkebun.

BK Plastic Surgery Museum

Selanjutnya adalah museum yang cukup fenomenal yaitu museum operasi plastik. Di sini anda akan bisa melihat proses operasi plastik dengan berbagai macam peraga hingga simulasi digitalnya. Museum ini dimiliki oleh BK Plastic Surgery Hospital, rumah sakit tersebut memang rumah sakit khusus operasi plastik yang sudah cukup terkenal di Korea Selatan.

Pengunjung bahkan bisa melakukan konsultasi langsung tentang operasi plastik dengan spesialisnya di sini. Di museum ini anda akan bisa merasakan budaya Korea Selatan yang saat ini sudah sangat memaklumi tentang prosedur operasi plastik, sesuatu yang sangat asing bagi orang Indonesia.

Indahnya Museum Jeju Glass

Museum unik selanjutnya adalah Museum Jeju Glass. Museum yang satu ini menjadi kontributor dalam memperkenalkan seni kaca Korea selama beberapa tahun terakhir dengan berbagai penelitian yang konstan dan berbagai macam inovasi. Museum yang dibuka pada 1 Maret 2008 ini memiliki berbagai fasilitas seni termasuk juga mempunyai aula pameran seni kaca, studio tempat pembakaran, ruang tiup kaca dan juga ruang pemrosesan kaca.

Museum Jeju Glass ini juga dipenuhi dengan karya kaca yang sangat menarik dan cantik. Pengelola mengganti hiasan, taman, patung dan lainnya dengan seni kaca. Pengunjung akan melihat tanaman indah yang terbuat dari kaca. Saat malam hari, Museum Jeju Glass akan semakin indah dengan lampu warna-warni yang ikut menyinari.

Pig Museum Yang Unik Banget

Museum yang tidak kalah unik selanjutnya adalah Pig Museum. Di museum ini, pengunjung akan menemukan berbagai hal yang berhubungan dengan babi. Bukan hanya pajangan saja, lukisan atau boneka, juga di tempat ini anda dapat menikmati pertunjukan babi di jam-jam tertentu. Berada di Pig Museum, pengunjung akan dapat memberi makan babi yang menggemaskan. Kalian juga akan belajar membuat sosis daging babi atau mencicipi bacon babi bersama dengan para pengunjung lainnya.

Museum Teddy Bear

Siapa yang tidak ingin berkunjung ke Museum Teddy Bear di Pulau Jeju, Namsan, Seorak, Gyeongju dan juga Chengdu. Museum yang berisikan berbagai boneka dan juga patung teddy bear dari mulai yang kecil hingga besar. Bukan hanya boneka biasa, diorama teddy bear juga dibuat dalam berbagai cerita menarik.

Secara garis besar, cerita tersebut dibagi ke dalam dua cerita, yakni kisah masa lalu Korea dan juga kisah masa kini. Masa lalu menunjukkan cerita pernikahan tradisional Korea, kisah kerajaan hingga dengan olahraga polo yang ada masa lalu. Nah, untuk masa kini menunjukkan cerita grup K-Pop, bahkan ada adegan dari drama Korea seperti “Princess Hours”, “The Great Queen Seon Deok”, “Boys Before Flowers” dan juga masih banyak lagi.

Demikian itulah beberapa museum menarik yang terdapat di Korea Selatan. Musim liburan tahun ini tidak ada salahnya jika anda dan keluarga pergi ke beberapa museum menari, seperti museum yang ada di Korea Selatan. Nantinya anda tidak hanya mendapatkan liburan yang menyenangkan tapi juga pengetahuan tambahan tentang Korea Selatan!