Museum Sejarah Islam Termegah di Dunia

Tidak hanya ada di negara-negara Arab saja museum yang dimana berisikan tentang sejarah dan juga kebesaran islam dapat ditemui. Museum sejarah dan juga tentang kebesaran Islam juga dapat kita jumpai di tempat terindah di negara-negara yang juga mayoritas berada di Eropa. Museum peradaban dan juga perkembangan islam yang kita kenal umumnya berada di wilayah Arab Saudi dan juga Turki ataupun juga di negara yang mayorita penduduknya adalah islam. Seperti halnya juga museum Rasulullah yang pada saat ini berada museum tersebut berada di Madinah, Arab Saudi dan juga Turki.

Museum Sejarah Islam di Dunia

Namun, selain Museum Rasulullah yang berada di Arab sendiri, ternyata sebenarnya ada banyak juga museum yang menghadirkan beberapa sejarah peradaban Islam yang berada di dunia. Bahkahna tak hanya ada di negara-negara Arab saja, museum sejarah juga kebesaran Islam juga mendapat beberapa tempat terindah di negara-negara Eropa lainnya seperti Sbobet berikut:

Prophet Mohammad Museum, Amman

Berlokasi di Yordania, museum ini sendiri pertama kali dibuka pada tanggal 15 Mei 2012 dan juga museum ini bertempat di komplek Masjid Raja Hussein, yang berada di Taman Umum Al Hussein, Amman. Museum ini sendiri mencakup beberapa barang yang merupakan peninggalan milik Nabi Muhammad, termasuk juga dengan sehelai rambut dari janggutnya dan juga sebuah suratnya kepada kaisar Byzantium, yang dimana isi suratnya adalah mendesaknya untuk masuk Islam. Museum ini juga memajang anakan atau juga hiasan pohon di mana Muhammad dahulu pernah beristirahat dalam sebuah perjalanan ke Levant untuk sebuah perdagangan pada masa era pra-Islam. Yang dimana pohon asli tersebut letaknya adalah di kawasan Gurun Pasir Badia.

Aga Khan Museum

Ini adalah salah satu museum yang terdiri dari sebuah seni Islam dan juga seni Iran, yang dimana museum ini terletak di Toronto, Kanada. Museum ini sendiri menjadi salah satu rumah dari koleksi seni dan juga dari sebuah warisan Islam yang dikumpulkan dalam semua masa periode sejarah Islam, termasuk juga dalam museum ini terdapat koleksi pribadi Yang Mulia Aga Khan pada saat itu, Institut Studi Islam yang berada di London, dan juga Pangeran dan Putri Sadruddin Aga Khan. Artefak tersebut termasuk keramik, logam dan juga sebuah lukisan.

Museum ini juga menjadi salah satu tempat menyimpan salinan Qanun fi’l-Tibb Avicenna atau salah satu dari (Ahli Pengobatan) yang pada saat itu paling awal diketahui, pada tahun 1052, dan juga pada satu halaman dari Al Quran Biru yang sangat luar biasa, tertanggal tertulis abad ke-9 hingga ke-10.

Museum of Islamic Art, Kairo

Museum yang letaknya berada di ibu kota Mesir ini juga merupakan dari salah satu museum dengan beberapa koleksi dan juga sejarah tentang terjadinya peradaban Islam yang terlengkap yang ada di dunia. Tercatat dalam museum ini bahkan ada lebih dari 100 ribu artefak yang ada mengenai semua tentang sejarah muslim yang ada dan tersedia di sana. Koleksinya dalam museum ini yaitu meliputi manuskrip yang sangat langka Al-Quran, pajangan dari tekstil, keramik, hingga juga logam. Museum ini juga menjadi salah satu museum tertua tentang peninggalan sejarah islam yang ada.

Pergamon Museum

Museum senjalutnya yang juga menyimpan sejarah tentang perkembangan dan juga perjalan tentang islam adalah museum Pergamon terletak di Berlin, Jerman. Yang dimana musuem ini di bangun sejak tahun 1910 hingga 1930. Museum ini sendi dibagi menjadi dua bagian yaitu museum tengah dan juga museum seni dari islam yang ada di sana. Museum ini sendiri menjadi salah satu museum yang ramai dikunjungi oleh wisatawan bahkan wisatawan dari berbagai negara, bahkan setiap tahunya tercatat lebih dari 1 juga orang sudah mengunjungi museum ini. Sehingga, menjadikan museum ini sendiri menjadi salah satu museum seni yang paling ramai di kunjungi di Jerman. Di Dalam museum ini juga tersimpan beberapa artefak peninggalan abad ke-8 dan juga abad ke-19 yang dimana sebagian berasal dari Spanyol ke India. Dalam museum ini sendiri yang paling menonjol adalah sebuah fasad Mshatta, yang dimana hal ini sendiri berasal dari sebuah istana gurun Islam yang dimana awalnya yang belum selesai yang juga terletak di selatan kota Amman, Yordania. Dan juga dalam museum ini terdapat banyak pajangan luar biasa yang ada di ruang Alleppo.

Louvre Abu Dhabi

Keajaiban dari sebuah arsitektur dari museum ini yang dirancang oleh Jean Nouvel ini juga digambarkan oleh New York Times sebagai salah satu dari “Galaksi Arab” saking megah dan juga lengkapnya museum ini. Menjadikan museum ini sebagai museum peninggalan islam yang lengkap. Eksterior dalam museum ini yang dibuat seperti sebuah piring terbang adalah salah satu dari representasi yang sangat akurat dari sebuah karya-karya yang bisa ditampilkan di dalam sebuah museum, campuran modernitas dan juga kuno. Seni modern dan juga kuno yang dipamerkan di dalam museum ini, mulai dari “Air Mancur Cahaya karya indah dari Ai WeiWei hingga ada juga sebuah manuskrip Quran abad ke-9.

Koleksi yang ditampilkan dalam sebuah karya seni, eksplorasi, dan juga sains Islam, seperti sebuah patung plester yang pada saat itu ditemukan di Yordania yang dimana patung tersebut berasal dari 6.500 SM dikatakan juga sebagai salah satu dari museum tertua yang diketahui oleh umat islam , dan astrolab sebuah kuningan yang berasal dari abad ke-18 yang merupakan milik penjelajah dari Maroko yaitu Muhammad Ibn Ahmad Al Battuti.

Musee du Louvre, Paris

Museum peninggalan dan juga sejarah islam selanjutnya juga terdapat pada negara Perancis. Koleksi seni dalam Islam Museum Louvre yang dimana koleksi museum ini berasal dari tahun 1893, yang dimana akhirnya melahirkan sebuah galeri khusus yang ada di museum i9ni di tahun 1905. Dalam museum ini terdapat benda-benda dari awal yang berasal dari koleksi kerajaan, seperti halnya mangkuk logam hias yang berasal pada abad ke-14 Suriah dan juga beberapa mangkuk giok di era Ottoman milik Louis XIV. Ruangan ini juga diperluas pada tahun 1912 dengan donor swasta yang juga memberikan sebuah koleksi pribadinya.

Galeri dalam seni Islam di dalam Museum Louvre sekarang ini juga mencakup 14 ribu dari karya yang pada saat ini meliputi 1.300 tahun berapa sejarah Islam yang terdapat dari tiga benua. Desain dan juga arsitektur yang terperinci sepertinya halnya, keramik, tekstil, sebuah manuskrip, macam ukiran batu dan juga gading, logam serta kerajinan kaca semuanya adalah bagian dari koleksi yang sangat banyak yang ada di museum ini.

Demikian itulah beberapa museum peninggalan dan juga sejarah tentang islam yang ada di seluruh dunia. Museum tersebut juga ada di daratan Eropa yang diman berisikan tentang sejarah peninggalan dan juga terbentuknya islam dari berbagai wilayah yang ada. Semoga artikel ini dapat berguna, anda juga bisa mengecek artikel kami yang lainnya. Terimakasih.