Museum Aneh yang Agak Nyeleneh

Museum merupakan suatu bangunan yang sering digunakan untuk menyimpan barang peninggalan berharga seperti akan sejarah, karya seni dan aneka macam benda-benda unik lainnya. Maka dari itu keberadaan museum cukup berperan penting dalam mendukung peradaban di sebuah tempat serta peninggalan sejarah dari tempat tersebut. Banyak lukisan terus dilestarikan oleh masyarakatnya untuk terus mengembangkan hidup demi mencapai standar yang lebih baik lagi di masa depan.

Namun berbeda dari fungsi museum tersebut, beberapa  museum yang dibahas di artikel dibawah ini justru terkesan sama sekali tidak memiliki manfaat yang berfaedah bagi masyarakatnya. Beberapa diantaranya dapat digunakan untuk mempelajari, atau sekedar untuk mempelajari kebudayaan tertentu serta peninggalan yang dimiliki oleh suatu kawasan.

Bahkan tidak hanya menyimpan akan sejarah dari daerah terkait, banyak hal seputar dampak yang ditimbulkan dari negara lain juga banyak yang disimpan sebagai ‘kenang-kenangan’ dalam introspeksi akan kondisi tersebut. Supaya di waktu yang akan datang tidak kembali mengulang kejatuhan yang sama. Ada juga sebagian jenis museum lain yang hanya sebatas menyimpan benda lucu yang unik sebagai bagian dalam hidup manusia. Tanpa panjang lebar lagi mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Museum Medieval Instrument

Museum ini dianggap sebagai salah satu jenis museum teraneh yang ada di seluruh dunia. Museum ini terletak di Praha yang berada di Republik Ceko. Museum ini terkesan cukup menyeramkan, dengan berbagai koleksi akan peralatan yang mengerikan. Aneka benda yang disimpan seperti yang digunakan pada masa lalu untuk menyiksa para tahanan untuk dapat memperoleh informasi seputar kalangan musuh pada era perang dunia di masa lalu. Berbagai jenis alat penyiksaan yang dipajang di museum ini seperti kursi listrik, kursi berpaku, hingga alat untuk memenggal kepala tahanan yang menolak untuk menyampaikan informasi seputar musuh yang diperlukan untuk memenangkan perang di masa lalu.

Museum Voodoo

Sama seperti namanya, museum ini menyimpan akan koleksi alat-alat santet yang dilakukan dalam jenis voodoo yang populer di negara Barat. Sebagai salah satu ilmu hitam yang sudah populer dari masa lampau, aneka objek yang dipajang di museum ini terlihat cukup mengerikan dan unik bagi para penikmat kebudayaan. Terlebih lagi jika hal-hal mistis menjadi kesenangan bagi mereka untuk dapat mempelajari lebih lanjut.

Seodaemun Prison History Museum

Museum yang satu ini juga merupakan museum tempat penyimpanan peralatan menyeramkan yang digunakan untuk menghukum kawanan musuh pada waktu Perang Dunia di masa lalu. Museum ini terletak di Korea Selatan dan menjadi tempat penyimpanan bagi aneka peralatan yang digunakan penjajah Jepang pada masa lampau. Konon katanya aneka peralatan ini sering digunakan oleh penjajah Jepang untuk menginterogasi tawanan perang yang sedang ditahan untuk menguak informasi penting dari pihak lawan. Lokasi dari museum ini terletak di dekat Taman Nasional Seodaemun. Hal ini membuat banyak orang masih banyak yang mengunjungi tempat ini untuk melihat barang-barang aneh dan mengerikan yang dipajang di sana.

Museum Sisa Hartaku

Museum yang satu ini berada di Indonesia. Tempatnya berada di lereng Gunung Merapi, yang berada di Jogjakarta. Museum berukuran kecil ini kurang menggambarkan akan bentuk seperti museum pada umumnya. Mungkin diakibatkan karena ukurannya yang cenderung kecil dan tidak memajang akan banyak barang peninggalan. Museum ini dulunya merupakan rumah dari warga yang tinggal disana, dimana banyak perabotan di rumah mereka habis saat dilanda letusan dari lahar panas Gunung Merapi. Museum ini menjadi saksi bisu yang menggambarkan akan kepiluan kondisi para penghuni tempat ini di masa lampau. Banyak korban jiwa yang dihasilkan dari bencana ini, termasuk Mbah Maridjan sebagai salah satunya yang dinyatakan sebagai juru kunci dari kawasan tersebut.

Museum Santet

Museum ini mirip dengan museum Voodoo yang terdapat di Amerika Serikat. Aktivitas santet itu sendiri lebih terkenal di kawasan Indonesia. Sehingga museum ini juga menjadi tempat menyimpannya aneka perlengkapan yang biasa digunakan untuk melakukan santet dengan berlandaskan ilmu ghaib. Museum ini sendiri berada di Surabaya, dan banguanannya menjadi satu dengan museum kesehatan. Selain menyimpan aneka barang santet, museum ini juga menyimpan beberapa foto orang yang sering dijadikan sebagai korban dari ilmu santet ini.

Museum Phallological

Pada dasarnya museum ini merupakan tempat yang menyimpan aneka macam penis sebagai alat kelamin yang dimiliki oleh hewan jantan. Terdapat sekitar 215 macam penis yang beragam ukurannya dari aneka macam hewan yang ada di museum ini. Sebagai tempat yang menyajikan akan informasi tempat wisata, museum ini juga memajang akan aneka macam flora dan fauna yang sudah tergolong ke dalam jenis yang langka dan hampir punah untuk terus dilestarikan di tempat ini. Museum ini terletak di Islandia.

International Banana Museum

Museum ini berada di Mecca yang terletak di California. Museum satu ini memajang anak aneka macam barang seputar jenis pisang. Banyak lukisan yang dipajang di bingkai mengenai gambar pisang baik itu seputar pisang nyata maupun ilustrasi dapat ditemukan secara banyak di museum ini. Terdapat juga sebuah bentuk 3 dimensi sosok monyet yang bergelantungan di pisang besar yang telah terbuka sebagian kulit bagian atasnya. Terdapat juga sebuah meja yang membentuk pohon pisang dengan dekorasi pisang bergelantungan di bagian tengah meja itu. Hampir semua benda yang berbentuk pisang dapat ditemukan dalam museum ini, seperti contohnya pemutar CD, staples, tempat bumbu dapur, dan aneka macam objek lainnya. Anda juga dapat mencicipi kuliner menarik yang tersedia seperti ice cream pisang serta soda pisang yang populer dari tempat ini.

International UFO Museum and Research Center

Banyak orang masih mempertanyakan akan keberadaan dari sosok alien, baik itu akan kenyataan akan keberadaan makhluk tersebut hingga bagaimana cara yang dapat dilakukan para kalangan alien tersebut dalam datang mengunjungi bumi. Aneka hal seputar alien dapat disaksikan di museum yang berada di Roswell kawasan dari New Mexico ini. Para petugasnya juga terus menyelidiki akan benar-benar adakah sosok alien dalam kehidupan nyata ini, serta beberapa desas desus akan dunia astrologi dan antariksa seperti crop circles, area 51, dan lain-lain sebagainya. Museum ini akan terlihat begitu menarik jika anda tertarik dan sangat menyukai akan seputar sains.

National Mustard Museum

Pernahkan anda membayangkan akan suatu bentuk cemilan yang dijadikan menjadi tema dari sebuah museum? Tempat ini didirikan oleh sosok bernama Barry Levenson. Ia juga merupakan sosok dengan minat yang kuat dan dedikasi yang begitu tinggi akan mustard. Bahkan untuk mewujudkan akan keinginan kuatnya dalam mengembangkan suatu tempat yang menyimpan mustard, Barry sampai harus berhenti dari pekerjaan semulanya yang menjadi asisten jaksa agung demi bisa mewujudkan impian ini. Tidak tanggung-tanggung, museum ini bahkan menyimpan hingga 5.700 koleksi mustard yang berasal dari berbagai negara. 

The Dog Collar Museum

Museum yang berisi akan aneka jenis kalung anjing, betapa lucunya museum ini bukan? Kalung anjing yang dipakai seperti jenis kerah ini memiliki bentuk yang bervariasi dan beragam. Aneka bahan yang digunakan dalam membuat kalung kerah ini juga bermacam-macam. Seperti ada yang berasal dari besi, plastik, kulit, dan jenis-jenis lainnya. Banyak detail yang unik dan menarik, terutama bagi kamu pecinta hewan.

 

Busy Beaver Button Museum

Sama seperti namanya, museum ini berisikan aneka macam kancing serta pin. Kedua jenis benda kecil itu dipajang di museum Chicago yang berada di Amerika. Banyak orang yang mengunjungi museum ini cukup merasa terhibur dan terinspirasi. Bahkan pengunjungnya juga dapat belajar membuat kreasi pin sendiri sesuai keinginannya dalam workshop yang diadakan di museum kancing ini. Terdengar cukup menarik bukan? Bagaimana pendapat anda mengenai 11 macam museum ini? Adakah museum diatas yang pernah anda datangi sebelumnya?