Destinasi Museum Makanan Bikin Laper

Di Filipina ternyata terdapat sebuah Dessert Museum, dengan konsep unik yaitu makanan penutup yang colorful. Hanya saja semua itu sebatas instalasi, dan cenderung sebagai sebuah museum modern art yang instagramable. Mengunjungi sebuah museum tentunya anda akan menemukan banyak nila-nilai sejarah baru, namun apa jadinya jika museum yang akan anda datangi adalah museum makanan ? Bisa jadi mungkin anda akan selera makan meski anda sedang tidak lapar.

Seperti yang telah diketahui, pastinya setiap makanan dan minuman yang telah dibentuk sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekarang tak pernah ada habisnya. Maka wajar saja, karena setiap daerah atau negara pastinya selalu memiliki beragam kuliner dengan cita rasa khas, yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan juga sosialnya.

Destinasi Museum Makanan Bikin Laper

Ditambah lagi, makanan unik yang biasanya seringkali akan diciptakan demi menikmati sebuah perayaan, atau festival serta momen tertentu. Sejumlah negara bahkan ada yang memajang berbagai kuliner tersebut di dalam sebuah museum makanan. Maka bila Anda nantinya sedang berkunjung ke negara-negara berikut ini, anda harus sempatkan pula mengunjungi beberapa museum makanan yang ada di sana. Hal ini juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai dunia makanan.

Museum Jenang Kudus

Museum ini berada di Jawa Tengah, tepatnya berada di Kota Kudus. Museum Jenang ini berada dalam sebuah bangunan dengan Mubarokfood Cipta. Tempat ini yang tak lain adalah sebuah pusat oleh-oleh yang menjual makanan khas Kudus. Jenang kudus adalah sebuah makanan khas Indonesia, yang bentuknya sejenis dengan dodol.

Di museum ini, anda nantinya akan bertemu dengan sebuah replika berupa seseorang yang sedang membuat jenang kudus, alat yang digunakan untuk membuat jenang kudus, hingga juga ada replika Menara kudus dan juga galer Asmaul Husna. Menjadi museum makanan yang pertama di Indonesia, jangan lewatkan kesempatan anda untuk bertanya mengenai sejarah jenang kudus. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang banyak terdapat di tempat ini.

Cup Noodles Museum

Tidak jauh dari Shin-Yokohama Ramen Museum, anda juga wajib mengunjungi Cup Noodles Museum. Cup Noodles Museum adalah musuem yang di bangung oleh Nissin Food Companya, uniknya museum ini menampilkan film pendek mengenai sejarah mie instan.

Selain itu, anda nantinya juga dapat menyaksikan dengan mata telanjang berbagai ribuan replika mie instan, produk mi instan dari seluruh dunia. Hingga karya inovatif Nissin berupa ramen khusus untuk astronot. Serunya lagi, di sini anda nantinya juga akan dapat membuat mie instan dengan menggunakan topping dan rasa sesuai dengan keinginan yang berada di spot My Cup Noodles Factory.

Tteok Museum

Tteok adalah sebuah museum kue tradisional khas Korea Selatan yang terbuat dari beras ketan dan memiliki bentuk juga rasa yang bergam yang akan memanjakan lidah. Bagi anda yang ingin tahu mengenai tteok, maka anda wajib mengunjungi Tteok Museum yang berada di kota Seoul. Museum ini menampilkan bergam replika dari tteok beserta dengan penjelasannya, dan peralatan makan yang nantinya akan diperlukan ketika menikmati tteok.

Di museum ini ada juga sebuah ruang pameran yang menampilkan jenis tteok yang dimakan oleh orang Korea pada saat ulang tahun, tahun baru, dan hari kematian, serta beberapa acara lainya. Tteok Museum juga membuat sebuah kelas untuk pengunjung yang ini membuat tteok, dan kemudian dapat dinikmati di tempat atau dibawa pulang. Bagaimana unik bukan ?

Tao Heung Foods of Mankind Museum

Museum yang satu ini terletak di Hong Kong, museum ini menampilkan beragam replika serta semua peralatan makan. Tidak hanya membahas tentang makanan lokal khas Hong Kong saja. Disini, nantinya wawasan anda akan bertambah mengenai teh mesir, wine prancis, hingga model dapur yang ada dari berbagai negara. Tak jarang Tao Heung Foods of Mankind Museum, juga menyelenggarakan sebuah kelas memasak yang dapat diikuti oleh para pengunjung.

Wonderfood Museum

Meskipun makanan yang ditampilkan di museum ini cukup menggiurkan lidah. Semuanya hanya sebuah replika sebagai informasi mengenai makanan tradisional khas Malaysia. Karena Indonesia dan Malaysia ini serumpun maka jangan heran jika makanan Indonesia dan Malaysia sama. Wonderfood Museum ini terletak di Pulau Pinang, Wonderfood Museum juga menampilkan berbagai makanan tidak hanya dari Malaysia tapi dari Asia. Di museum ini juga terdapat tempat instalasi berbentuk makanan yang dapat anda manfaatkan untuk foto.

Amsterdam Cheese Museum

Mungkin akan sedikit sulit memilih sebuah toko atau museum keju terbaik yang ada di negeri kincir angin Belanda. Maklum Belanda terkenal mempunyai banyak sekali jenis keju. Namun, kualitas dari keju yang dibuat di Amsterdam Cheese Museum tidak usah dipertanyakan lagi. Di tempat ini anda tidak hanya dapat melihat proses pembuatanya, tapi anda bisa menikmati kejus secara gratis. Termasuk keju yang dibuat di negara tersebut.

York’s Chocolate Story (Inggris)

Pernahkah anda menonton film yang berjudul Charlie and the Chocolate Factory? Maka York’s Chocolate Story adalah salah satu museum perwujudan film tersebut dalam dunia nyata. Meski bangunannya sedikit lebih kecil, tapi dijamin para pecinta coklat nantinya akan merasa terpuaskan dan akan merasa betah berlama-lama berada di kota York, Inggris tersebut.

Museum Kimchikan (Korsel)

Jika sebelumnya kita sudah membahas museum tteok di Korea Selatan, ternyata koresel masih menyimpan museum makanan lainya, yaitu museum Kimchikan. Kuliner bernama kimchi yang sempat mewabah dan bahkan menjadi tren di Indonesia. Bahkan hingga sekarang ini, warga tanah air yang masih sangat tertarik untuk mencicipi makanan tersebut. Maka saat anda berkunjung ke negeri ginseng, jangan lupa juga untuk mampir ke Museum Kimchikan yang ada di sana. Pasalnya, museum ini bisa dikatakan sebagai rahimnya dari kimchi.

Colmans Mustard Shop

Colman’s Mustard Shop yang berada di Norwich, Inggris. Dari namanya saja, sepertinya Anda juga sudah dapat membayangkan terkait makanan apa yang diabadikan di dalam museum ini. Museum yang didirikan pada tahun 1973 ini adalah museum mustard. Dimana di Colman’s Mustard Shop anda bisa melihat berbagai jenis mustard terbaik yang berasal dari berbagai penjuru.

Choco-story Museum

Choco-story Museum adalah salah satu museum coklat yang terletak di Brussels, Belgia. Museum ini adalah museum yang menyimpan sejarah coklat Belgia yang sangat terkenal. Di museum ini, nantinya para pengunjung akan belajar cara pembuatan coklat belgia yang sangat terkenal, serta ikut merasakan produksi sampai melihat langsung pembuatan coklat belgia.

Nah, demikianlah destinasi museum makanan yang ada di beberapa negara. Museum makanan tersebut akan membuat anda semangat berkunjung sekaligus dapat menambah wawasan anda tentang makanan. Jika pandemi Covid-19 telah berakhir, anda bisa mengunjungi salah satu museum makanan tersebut.